Selasa, 21 Mei 2024

Bupati Nina Agustina Tanam Mangrove untuk Mendukung Pelestarian Lingkungan Secara Strategis





Mangrove adalah tanaman yang mampu melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan. Selain itu, mangrove juga memiliki akar yang kokoh, yang dapat meredam gelombang besar yang menghantam pantai.

Pentingnya mangrove sebagai penjaga lingkungan ini telah menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Indramayu. Bekerja sama dengan Kodim 0616 Indramayu dan PT. PNM, pemerintah melaksanakan penanaman ribuan pohon mangrove di Pantai Sumbermas, Kecamatan Kandanghaur, pada Jumat (17/5/2024).

Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyatakan bahwa penanaman mangrove ini diharapkan dapat melestarikan beberapa lokasi pantai yang mulai terkena dampak abrasi. Mangrove yang tumbuh subur diharapkan dapat berfungsi sebagai perisai atau penahan abrasi, sehingga dapat menyelamatkan daratan yang berada di dekat pantai.

Nina juga menambahkan bahwa dengan panjang garis pantai mencapai 147 kilometer, Kabupaten Indramayu memiliki lahan hutan mangrove yang cukup luas. Dengan potensi ini, kawasan mangrove harus benar-benar dijaga dan dikembangkan.

Selain mampu mengendalikan abrasi dan menyerap karbon, mangrove juga mendukung ekowisata, pariwisata daerah, dan ekonomi masyarakat setempat.

"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya menyambut baik dan mendukung kegiatan penanaman mangrove ini. Saya menyampaikan terima kasih kepada PT. PNM dan Kodim 0616 Indramayu yang telah menginisiasi kegiatan ini," kata Nina.

Selanjutnya, penanaman mangrove juga perlu dilakukan di kawasan lain di Kabupaten Indramayu, selain di Pantai Panjiwa Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warta Populer